JOMBANG, JOINMedia.id – Komitmen Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk mendorong Desa-desa terpencil agar cepat maju dan berkembang tak perlu diragukan lagi.
Hal tersebut sebagaimana dilakukan oleh BRI di Desa Ngampungan Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.
Selain memberi dukungan dalam pengembangan obyek wisata yang ada di desa tersebut, selama ini BRI ternyata juga menjalin kemitraan dengan Pemdes Ngampungan dalam berbagai program lainnya.
Salah satunya adalah dengan mendirikan unit usaha baru bagi BUMDES (Badan usaha Milik Desa) Ngampungan, berupa Agen BRIlink.
“Unit usaha yang dimiliki BUMDES Ngampungan ini ada empat mas, pertama itu obyek wisata Pandansili, kedua persewaan molen (alat aduk bahan bangunan), koperasi simpan pinjam, trus yang terakhir agen BRIlink ini”, ujar Widiati (35), kepala unit usaha Agen BRIlink Desa Ngampungan.
Menurut Widiati, usaha menjadi Agen BRIlink telah didirikan sejak tahun 2020.
Saat itu, Widiati mendapat modal awal dari BUMDES Ngampungan sebesar 20 juta rupiah.
Uang tersebut ia kelola untuk melayani warga yang membutuhkan transaksi tarik tunai.
“Sebenarnya tujuan dibukanya Agen BRILink ini untuk membantu masyarakat sini biar kalau membutuhkan transaksi keuangan tidak perlu jauh-jauh ke Bank”, jelasnya.
Namun diduga karena masih rendahnya pemahaman masyarakat akan Agen BRILink, membuat jumlah pengguna layanan BRILink milik BUMDES Ngampungan sampai saat ini masih minim.
“Pendapatannya masih kecil mas, sebulan itu kadang cuma dapat 200 atau 300 ribu”, ujar Widiati.
Untuk memudahkan masyarakat memanfaatkan layanan agen BRILink, Widiati mengaku telah membuka layanan di dua tempat, yaitu di Kantor Desa Ngampungan dan di warung warga.
Di kantor Desa, layanannya dilakukan menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang diberikan BRI, sementara yang di warung warga dilayani menggunakan smartphone.

Meski jumlah pengguna layanan BRILink yang dikelolanya saat ini masih minim, namun Widiati optimis, dengan sosialisasi yang intens, kelak jumlah pengguna layanan BRILinknya akan meningkat.
Hal itu ditandai dengan adanya beberapa warga yang selama ini telah menjadi pelanggan tetap.
Nidya Farah (42), ibu rumah tangga yang tinggal di dekat obyek wisata Pandansili salah satunya.
Saat ditemui JOINMedia.id, Nidya mengaku sangat senang dengan adanya agen BRILink yang dibuka BUMDES Ngampungan di dekat rumahnya.
“Alhamdulillah, sekarang kalau mau bayar-bayar gak harus ke Bareng (ibu kota Kecamatan Bareng) mas, cukup di sini aja, dekat”, ujarnya.
“Saya biasa make (menggunakan jasa agen BRILink) untuk bayar angsuran, ambil kiriman (transferan), gak perlu ke bank”, imbuh Farah.
Nidya farah berharap, layanan agen BRILink di Desanya ini bisa terus eksis untuk membantu dan memudahkan masyarakat saat membutuhkan layanan transaksi keuangan.
“Semoga ada terus, untuk memudahkan kita-kita kalau mau bayar-bayar atau ambil duit, jadi mudah”, pungkasnya.***